0

tentang SNMPTN

PERSIAPAN SNMPTN
untuk persiapan snmptn mungkin setiap orang beda-beda. contohnya aja temen-temen aku.
#1 ada yang belajar dari pagi sampe malem, berhenti cuma buat makan sama sholat
#2 ada yang barter soal2 TO sama temen yang beda tempat bimbel
#3 ada yang tambahan bimbel sampe malem2
dll.
kalian termasuk yang mana? aku gak semuanya -____-
guru les sih udah sering ngingetin untuk belajar min. 8 jam perhari, tapi da gimana lagi atuh kalo udah sumpek mah. aku sih gak di porsir banget, untuk les ya les, kadang2 kalo lagi pengen tambahan ikut tambahan tapi yg siangnya soalnya tempat les sama rumah kan lumayan, bisa 1,5 jam lebih baru nyampe. terus enaknya sih di bimbel aku bisa nanya kapan aja asal gurunya ada.
hm. aku sih biasa aja belajarnya. les senin-sabtu, beda-beda sih jamnya kadang pulang jam 12,15,17, tergantung masuknya jam berapa. abis itu biasanya suka ikutan TO online, biasanya sih TPA ato matematika yang saya ikutin, soalnya target sih ngebesarin nilai TPA sama kemampuan dasar. terus seminggu sebelum SNMPTN sih ikutan TO ekonomi juga, soalnya kebetulan saya ngambil IPC.
kalo buku soal-soal, untuk yang agak males2 ngerjain soal-soal, saya saranin sih gak usah beli, mending minjem aja ke tetangga atau kakak kelas. soalnya menurut saya sih nggak begitu ngaruh, kalo mau ngelatih sih mending TO online aja, lumayan kan kalo tempat les ada wifi bisa dimanfaatkan :O
aku ngasih saran sih mending beli buku TPA, carinya yang pembahsannya pas sama kamu yaa :O
situs TO online yang aku rekomendasiin: paseban, tapi kumpulan soal snmptn agak kurang banyak waktu itu jadi aku ikut juga TO online dimana-mana juga.

PASSING GRADE-MU
kenapa saya saranin untuk beli buku TPA?
kenapa saya nargetin untuk gedein TPA sama kemampuan dasar?
kita lihat dulu cara menghitung passing-grade:
sorry gak jelas, print screen -____-
TPA punya bobot 30%, sedangkan ketujuh pelajaran agak memusingkan itu hanya punya bobot 10% masing-masing. jadi ya aku saranin sih kuatin di TPAnya.
terus kenapa harus kemampuan dasar yg dibagusin juga ca? soalnya hari kedua itu... ya, menurut aku sih untung-untungan, kadang kita bisa terus isi terus bener, kadang ngasal terus isi terus bener.


MENCARI YANG TERBAIK
terkadang suka pengen nanya sama orang-orang yang terlihat aneh ketika saya memilih UPI sebagai pilihan pertama kedua dan ketiga.
apa salah? *nada datar*
banyak juga kan yang pilihannya ITB semua, UNPAD semua, dll. tapi kenapa respon mereka berbeda ketika mendengar orang yang pilihannya UPI semua?
bukannya gimana2 kok. aku juga seneng kalo banyak temen2 aku yg keterima di ITB atau UNPAD ato ITS ato UGM ato yang lainnya deh.
pertamanya sih aku pengen jadi apoteker, ya cita2 dari jaman SMP dulu, cuma kalo dipikir-pikir kayaknya mamah kurang setuju sama pilihan saya itu, emang nggak bilang sih, cuma beliau lebih dukung aku untuk jadi guru/dosen. cita2 mamah sih sederhana, cuma pengen anak2nya jadi pegawai negri, biar penghasilannya tetep, biarin nggak besar2 juga.
untuk jadi guru/dosen, kenapa enggak? toh aku juga seneng bikin bahan ajar dll. terus banyak yang bilang aku kreatif dll, siapa tau nanti bisa jadi guru yg kreatif dan sukses kan? aamiin.
untuk jadi guru, aku sih mikirnya kalo milih yang nondik kan sayang, toh tujuan aku ntar untuk jadi guru.
so, aku pilih UPI.
suatu pemikiran yg panjang untuk menentukan beberapa pilihan (dari kelas 2 SMA)
#PEND. ILMU KOMPUTER / PEND. MATEMATIKA : dua prodi itu beda2 passing gradenya ditiap bimbel, aku suka dua2nya, tapi kalo milih dua2nya nyari mati namanya. aku pilih PEND. ILMU KOMPUTER, karna panggilan hati dan dorongan orang2 sekitar kekeke
#PEND. EKONOMI : yap. IPC. sebenernya cuma nyari aman sih, aku cuma nggak pengen bikin ortu aku ribet untuk nyari2 univ lain kalo pas tanggal 7 (pengumuman UTUL) nanti ternyata aku nggak lolos. bukannya ngerasa bakal aman di pend.ekonomi, cuma ya di coba aja, siapa tau he's my savior kekeke. tapi bukannya tanpa persiapan kok, aku juga belajar ips lewat TO online.
#PEND. KIMIA : ini sih lebih karena hasil TO. hasil TO aku selalu lolos di pend.kimia, ya semoga aja aku bener2 lolos kalo milih pend.kimia. terus bisa dibilang nilai2 eksak aku dari dulu lumayan cemerlang di kimia. terus kenapa kimia di pilihan ketiga? it's all about the money dum dum duh dee dum dum kekeke. prodi IPS bayar SPPnya sama apanya gitu lupa lebih murah dari prodi IPA.
intinya...
pilihan pertama, pilih yang emang bener-bener kalian mau, biar belajarnya semangat. pilihan kedua/ketiga, pilih yang sekiranya aman tapi kalian juga nggak ngerasa kepaksa untuk masuk kesana.
saran aku:
minta saran sama orangtua, tanya sama mereka apakah mereka sanggup untuk membiayai kuliah kalian di univ yang kalian pilih, kalo nggak berani nanya atau malu coba perkirakan aja sama kalian. terus jangan langsung nyerah gitu aja, beasiswa banyak loh untuk kalian yang emang bener2 pengen kuliah, apalagi di ITB, kata alumni2 SMA aku yang sekarang kuliah di ITB sih sejauh ini mereka belum pernah denger ada mahasiswa yang di DO gara2 nggak bisa bayar uang kuliah. coba aja cari2 infonya, jaman sekarang nyari informasi tuh udah gampang banget kali :)

CADANGAN UNIVERSITAS
mungkin udah sedikit aku bahas di postingan aku sebelumnya soal cadangan universitas ini, jadi aku nggak akan bahas lagi.
cuma buat kalian yang mempunyai uang lebih dan 'rela' jika hanya sebagian ato malah nggak ada uang yang kembali sih silahkan dicoba :)
biasanya sih dari mulai bulan september ato oktober udah banyak yang ngadain ujian masuk, ada juga PMDK. untuk kalian yang nasibnya sama kayak aku, nilai rapotnya nggak cemerlang, aku saranin sih nggak usah ikut PMDK, sayang uaaaaaaaaang. kalo keterima juga harus agak curigation, semudah itukah masuk univ ini?
perjalanan masih panjang, usaha dulu aja buat SNMPTN.
soalnya masih banyak kok jalan masuk buat masuk univ. biasanya masih ada smb polban, smup unpad, um upi, dll. cari aja info yang banyak. swasta juga banyak yg bagus kok. cuma biasanya biaya di swasta itu lebih mahal daripada negri (yg negri aja udah mahaaaal beddd kalo kata aku - uang jajan aku berapa taun ya?). oia ujian mandiri juga mahal, jadi berjuang ya snmptnnya!

PENGUMUMAN UTUL
ohmaaaaan. walau gak se-degdeg-an nunggu pengumuman UN, pengumuman snmptn tulis ini bener-bener meng-galau-kan. karna aku kurang maksimal pas SNMPTNnya, KURANG CEPAT dan KURANG TEPAT, padahal beberapa menit setelah ngumpulin LJK baru nyadar "grrrr~ segampang ini?", "hh~ harusnya ini kan gak usah dibaca juga udah ada isinya." dan banyak penyesalan lainnya.

TIPS
kelupaan nih,aku punya tips untuk kalian-kalian yang mau snmptn:
#1 sering-sering ikut TO biar terbiasa ngerjain soal dalam waktu yang sangat singkat itu. jangan takut kalo banyak soal yg gak bisa kamu kerjain, toh soalnya emang nggak didesain untuk dijawab semua
#2 catet hasil TO kamu, biar nanti bisa keprediksi kira-kira SNMPTN bakal dapet berapa, dan cocokin ke passinggrade univ + fakultas yang kamu pengenin biar nggak 'nyari mati'
#3 jangan meremehkan oranglain. aku suka sebel sama orang2 yang ngeremehin oranglain waktu baca mading hasil TO, ada yg nyeletuk "bener 2 salah 2 hahahaha". dalem hati, "terus kenapa? kan lumayan dapet 6 poin, gimana kalo yg bener dua itu nggak diisi? -2 kan?". aku juga pernah mentok banget sampe di matipa bener 1 salah 4, ya di syukuri aja, untung yg bener 1 itu aku isi...
#4 sekali lagi, kuncinya di TPA. soalnya hasil TO aku makin kesini TPA makin nurun, TPBS makin naik, dan hasilnya PG makin turun. mau sedikit sombong nih, TPA pertama aku masuk 10besar loh kekeke. sebuah pencapaian :))
#5 ibadah yang bener. jangan jadiin persiapan snmptn ini alesan untuk nggak dhuha, QL, shaum sunnah, dll yang biasa kamu lakuin, kalo yg wajib sih itu mah emang nggak boleh ditinggalin. kekuatan Allah itu lebih besar daripada kekuatan tangan2 manusia pembuat soal2 snmptn, sesusah-susahnya soal kalau Allah menghendaki kita untuk mengerti maksud itu soal kan Alhamdulillah yaaaa sesuatu kekeke. ini yang aku rasain waktu aku ngisi yang IPSnya, alhamdulillah banget. berarti pend.ekonomi memang pilihan terbaik, alhamdulillah.
Allah telah memudahkan saya, dan saya tidak akan menyianyiakan ini.

0 comments:

Post a Comment

Back to Top