0

Punya Maag Bukan Berarti Gak Sayang Lambung

kemaren aku, ay2, tria, satria ikutan tambahan malem jadi kita makan dulu. pertamanya pada bingung mau makan apa, dan karena semuanya pada bilang "ngikut aja", akhirnya tria nyuruh satria yang mutusin haha, kata tria dia kan cowok sendiri, harus bisa jadi pemimpin :-P

GAK SUKA PEDES?
akhirnya kita makan ayam bakar. ay2 sama tria makan yang pedes, aku sama satria makan yang manis. terus mereka semua pada pake sambel, aku enggak.
ay2 : ucha ngga suka pedes?
aku : suka sih, cuma tadi pagi udah makan pedes, takut aja.
ay2 : ngga da, ngga pedes cha.
aku : ngga deh ay. hehehe

MAAG ITU GAK ENAK
dulu aku bener2 ngga bisa makan pedes, bisa sih, cuma suka riweuh weh, jadi males makannya juga. terus pernah nyoba2 makan pedes lagi, dan akhirnya bisa. tapi pas habis lebaran kemarin, aku tobat deh makan pedes banyak2. kalau pagi udah makan pedes, sebisa mungkin siang - malem nya aku ngga makan pedes lagi.
karna aku udah sadar kalau maag itu nggak enak. suer deh :-P

RAMUAN BERAS TUTUNG =="
waktu itu aku pernah maag, parah, sampe2 obat maag itu ngga ngaruh apa2. akhirnya mamah aku bikin ramuan beras tutung. katanya, dulu kalau mamah sakit apapun pasti sama si mbah dibikinin ramuan beras tutung, katanya ini tuh ampuh untuk ngusir racun2 di tubuh, dan kemaren pas teteh aku sakit juga dibikinin ini dan sembuh.
cara bikinnya : sangray beras (you know 'sangray'? itu deh, masukin aja beras ke katel, without minyak goreng ato aer ato apapun, terus goreng deh) sampe agak tutung (you know 'tutung'? itu loh, kalo udah ada item2 berarti tutung). terus kasih aer, terus beres deh, masukin gelas, minum.
sumpah. NGGAK ENAK BANGET DEH, pait2 gak jelas, mana harus diabisin semuanya. =="
akhirnya aku nyerah, cuma beberapa teguk udah ngibarin bendera putih... =="

RAMUAN KUNYIT
setelah saya nyerah sama itu ramuan diatas, akhirnya mamah aku bikin ramuan kunyit.
caranya : parud kunyit (jangan di jus ya, soalnya ntar kasusnya sama kayak ramuan beras tutung diatas = kagak abis hehe), terus kasih air dikit (paling 1- 2 sdm), peres aernya, simpen di sendok, kasih garem dikit, minum (kayak minum obat ya minumnya di sendok). terus kalau rasanya masih nggak jelas, minum aer putih yang banyak.
emang rasanya sama2 ngga enak kayak ramuan beras tutung, tapi seenggaknya ini tuh sengsaranya cuma sekali teguk, bukan segelas besar. hehe
trus jangan cuma sekali aja ya makannya :O

HINDARI ROTI
kenapa cha?
menurut saya, roti itu ngga ampuh ngusir laper, apalagi untuk orang yang punya maag kayak saya. roti itu kan ngandung ragi, malah bukannya bikin kenyang tapi biasanya malah bikin laper, terus kan ragi itu asam kan bukan basa atau netral? malah bikin maagnya makin jadi...
jadi, kesimpulannya jauhi roti, donat, dan makanan beragi lainnya.
#maaf kepada tukang roti, donat, dll, aku yakin yang ngga punya maag pasti beli kok... :O

HINDARI BUBUR
kenapa cha?
soalnya menurut saya, bubur tuh nggak ampuh ngusir laper. pertama, kalau beli bubur dua ribu paling dapet dikit, tapi kalo beli nasi kuning dua ribu kan lumayan. kedua, makan bubur tuh kenyangnya sebentar, waktu itu saya pernah makan bubu2 jam 7an, terus beres2 dll, terus jam 10an malah pusing, mata berkunang2, dll. ketiga, kalo ngga salah, ada penjual yang make pemutih, formalin, dll, tapi ya emang ngga semuanya kali ya, cuma aku sih nyari aman aja.. hehe
#maaf kepada tukang bubur, aku yakin yang ngga punya maag pasti beli kok... :O

BANYAK NGEMIL
kalau hari 1 kita maag, terus parah, sebisa mungkin kita ngeberhentiin mualnya itu, bisa pake obat maag, atau ramuan2 diatas.
terus kalau mualnya udah beres, sebisa mungkin kita makan, kalau bisa yang banyak, tapi kalau ngga bisa ya sebisanya aja.
kalau mual lagi, sebisa mungkin kita ngeberhentiin mualnya itu lagi.
kalau mualnya udah beres, makan yang banyak.
terus kalo setelah maag itu, kamu jadi ngga bisa makan banyak2, usahain perbanyak ngemil. karena kalau kamu makannya dikit terus cuma makan pagi-siang-malem, itu tuh nggak ngefek, maagnya malah terus2an dateng.
kita ambil kasus teteh aku aja ya, yang ngga bisa makan banyak2, dan punya maag:
pagi2 kadang nggak bisa sarapan banyak2, alternatifnya: makan yang banyak proteinnya (daging, telur, dll), kalau bisa makan aja nasi walau cuma beberapa sendok, terus minum susu.
terus pagi2 jam 9-10 banyak2 ngemil, kayak ngemil biskuit, bacang, ato yang lainnya.
jam 12-13 makan siang. usahain makan nasi, pake sayur.
jam 3-4 ngemil lagi.
terus malemnya makan lagi.
ya intinya sih kalau susah makan banyak ya banyakin ngemilnya.

ya segitu aja deh berbagi tipsnya hehe :O
semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

Back to Top