0

RKCKproject

RKCKproject INTRO
RKCK (Rasa-Karsa-Cipta-Karya) saya adalah tentang "Peduli Lingkungan" yang bakal saya mulai dari hal yang paling kecil sekali, yaitu "STOP BUANG SAMPAH SEMBARANGAN"
Kok kesannya ecek-ecek (remeh) banget ya? Toh pada kehidupan nyata masih banyak yang buang sampah sembarang dan aku liat sih mereka asik-asik aja tuh buang sampah sembarangan (yang ini jangan ditiru ya hehe). Okay, untuk menyadarkan kalian kamu-yang-masih-buang-sampah-sembarangan maka liat api yang ada di depan Anda dan Anda akan memasuki alam bawah sadar Anda dalam hitungan yang ketiga saya akan sedikit bercuap-cuap tentang hal-hal menarik yang sangat disayangkan jika Anda melewatkannya.

BANDUNG BERSIH HIJAU DAN BERBUNGA?
Dimana? Emang bener Bandung teh Bersih Hijau dan Berbunga?
Iya sih, emang banyak yang ijo-ijo mah, angkot misalnya tapi emang bersih? Mmmm ciyus? Terus angkotnya berbunga ngga? Okay ini garing, pelis jangan di close :'(
Mengulang lagi dari INTRO kalau 'pada kehidupan nyata masih banyak yang buang sampah sembarang dan aku liat sih mereka asik-asik aja tuh buang sampah sembarangan (yang ini jangan ditiru ya hehe)' maka Slogan BANDUNG BERSIH HIJAU DAN BERBUNGA mungkin selamanya hanya akan JADI SLOGAN. Let's think about it.

BANDUNG BANJIR? CIYUS? OW-EM-JI!
Bandung macet? Gara-gara apa? BANJIR?? Makanya JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!
 Jakarta kebanjiran, di Bogor angin ribut, eh di Bandung juga ternyata banyak banjir loh tapi emang nggak ribut-ribut sih, malah orang-yang-buang-sampah-sembarangan juga masih banyak (yang ini jangan ditiru ya hehe).
Bandung ini 'kan dataran tinggi, kenapa bisa banjir? Nah, itu tau! Kata Pak Aher, ini tuh karena saluran air kurang baik.
Kok bisa saluran airnya kurang baik? Nah! Emang kamu-yang-suka-buang-sampah-sembarangan masih nggak ngerti juga? Hmmm. Jadi gini temanku yang baik, agak ganteng dan sedikit cantik, ketika kamu buang sampah sembarangan kemudian hujan kemudian sampah kamu terbawa air hujan kemudian sampah-yang-kamu-buang-sembarangan kemana? Nyumbat saluran air kakaaaaak. Pinteeer. Let's think about it.

SAMPAH PLASTIK
Fakta di lapangan (ciyee udah mulai serius nih) sampah-sampah yang menyumbat saluran air itu didominasi oleh sampah plastik. Valid nggak nih informasinya? Ciyus kakak, kemarin aku liat sendiri di jalan. Nanti deh aku potoin ya kalau sempet, spesial buat kakak :3
FYI, berdasarkan data statistik, hanya dalam satu hari, Kota Bandung menghasilkan 150 ton sampah plastik, dan seperti yang sudah kamu tahu kalau plastik itu 'kan susah diuraikannya. Terus sudah bisa terbayang ada berapa ton sampah plastik itu yang 'nganggur'?

FAKTA 'MENARIK' TENTANG SAMPAH PLASTIK
Berikut adalah fakta 'menarik' tentang sampah plastik yang saya kutip dari website gomuda dengan judul 'Kemanakah Sampah Plastik Berakhir?'
  • Perlu waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi dan terurai dengan sempurna. Ini merupakan waktu yang sangat lama. 
  • Pada saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah.
  • Lebih dari 300 juta ton plastik diproduksi diseluruh dunia yang terus akan mengalami peningkatan sekitar 5 % setiap tahunnya. Hampir 1 triliun kantong plastik diproduksi tiap tahunnya, dan jika semua kantong plastik tersebut dibentangkan akan mampu membungkus benda 10 kali lipat dari besar bumi.
  • Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa yang berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya dapat memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.
  • Sampah plastik juga menimbulkan banjir yang menyumbat saluran-saluran air. Bahkan yang terburuk dapat merusak turbin dari waduk.
  • Kegiatan produksi plastik membutuhkan sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya. Proses produksinya sangat tidak hemat energi.
  • Pada tahap pembuangan di lahan penimbunan sampah (TPA), sampah plastik mengeluarkan gas rumah kaca.
  • Akibat dari semua itu adalah efek rumah kaca atau pemanasan global yang semakin terpuruk.


LALU AKU HARUS GIMANA?
Yang pertama, jangan bilang WOW apalagi sambil KOPROL -_-
Kita kutip dulu jalan keluar yang biasanya kita pakai untuk membasmi sampah plastik ini, dan saya kutip lagi dari website gomuda dengan judul yang sama yaitu 'Kemanakah Sampah Plastik Berakhir?'
Selama ini, yang kita ketahui ada beberapa hal yang dilakukan dan jadi pembuangan sampah plastik, diantaranya:

  1. Dikubur di tanah, namun tetap saja tidak efektif karena perlu ribuan tahun hingga terurai dan otomatis juga mencemari tanah.
  2. Dibuang di TPA bersama tumpukan sampah lainnya, hal ini dapat menghasilkan racun dan gas emisi yang memacu pemanasan global.
  3. Dibakar, adalah kebiasaan penduduk kita, mungkin juga penduduk dinegara lainnya. Namun masih tidak efektif karena pembakaran yang tidak sempurna dapat menghasilkan gas beracun yang berbahaya saat dihirup.
  4. Dibuang di laut. Hal ini juga tidak efektif, bahkan dapat menimbulkan dampak besar meskipun terdapat peraturan pembuangan plastik di laut seperti yang yang ada dalam peraturan mengenai pembuangan sampah di laut dari kapal berikut: Konvensi Internasional tentang pencegahan pencemaran dari kapal 1973 yang diperbaharui oleh Protokol of 1978 POLLUTION BY GARBAGE ANNEX V melarang pembuangan sampah plastik ke laut termasuk kantong sampah yang terbuat dari plastik, tali sintetis , dan jaring sintetis. Sampah makanan dan sampah lainnya tidak bleh dibuang di laut dalam jarak hingga 12 mil dari daratan, kecuali jika telah digiling dan dapat menembus saringan dengan bukaan tidak lebih dari 25 mm. Dalam jarak 3 mil dari darat, sampah, walaupun telah digiling dilarang dibuang ke laut. Baca aturan selengkapnya di link berikut: gotoseajobs.com
Jalan keluar yang akan saya tawarkan yaitu MLM "STOP BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, KALAU BISA SURUH HIBERNASI AJA ITU PLASTIKNYA"

FENOMENA PLASTIK/KRESEK DAUR ULANG
Sadar nggak sih dengan adanya kresek daur ulang, masalah yang sebenarnya malah makin runyam? Masalah apa? Itu masalah kita yang sebenernya: BANYAK SAMPAH PLASTIK/KRESEK YANG NYUMBAT SALURAN AIR. Dan dengan adanya plastik/kresek daur ulang ini, orang-orang makin mudah memakai kantong plastik dan semakin mudah pulang untuk membuang-sampah-plastik-ini-secara-sembarangan. Let's think about it.

THE GREAT PACIFIC GARBAGE PATCH
Nah, kalau kamu buang sampah sembarangan dan ternyata daerah kamu nggak banjir, hati-hati!
Kenapa? Karena sampah yang kamu buang sembarangan itu bisa jadi terbawa aliran air dan akhirnya bermuara di Samudra Pasifik Utara (North Pacific Gyre). Coba bayangkan, semua sampah dari berbagai penjuru dunia pada ngumpul di tempat itu! Apa jadinya? Let's think about it.
Saking banyaknya sampah disana, orang-orang bilangnya 'The Great Pacific Garbage Patch'
Great Pacific Garbage Patch (sumber disini)
Itu sampah ternyata udah GO Intersional ya -_- (sumber: mother nature network)
sample air disana -_- (sumber: disini)
The Plastic Fish Tower - An Floating Recycling Center (ini masih rancangan atau udah ada sih? sumber: TimePass)
is this yours? (Sumber: Ecopono)


KEHIDUPAN BINATANG LAUT
singa laut terjerat sampah plastik (VIVAnews)
sumber disini
Sumber disini
Plastic debris found in the stomach of a triggerfish (nationalgeographic)
komik pendek (Sumber: disini)


BUKAN SAATNYA HANYA BERPIKIR
Dari tadi saya cuma nyuruh 'Let's Think About It' mulu. Actionnya kapan?
Mulai sekarang STOP BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. Kalau emang nggak butuh banget, sebaiknya jangan pakai plastik. Kalau belanja ke pasar, sebaiknya bawa kantong sendiri ya!
Jika kamu tidak bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik, setidaknya jangan membawa keadaan ke arah yang lebih buruk.

MASIH MAU BUANG SAMPAH SEMBARANGAN?
Hmmm. Kalian ini ya. Kalian tau nggak, ketika kalian buang sampah sembarangan itu kecantikan dan kegantengan kalian berkuran 99,99%.
HATI-HATI! Kecantikan kamu berkurang 99,99% KETIKA KAMU MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN!

HATI-HATI! Kegantengan kamu berkurang 99,99% KETIKA KAMU MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN!
Kok bisa? Asumsinya gini (ciee pake asumsi segala ini teh), orang cerdas itu gampang banget kelihatan ganteng atau cantik, dan orang cerdas itu ya nggak buang sampah sembarangan. Jadi mau tetep ganteng sama cantik atau nggak nih? STOP BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, ya!

Mau jodoh yang nggak sembarangan, TAPI masih BUANG SAMPAH SEMBARANGAN? ciyuuuus? :p
Akhirul kalam, sekian dari saya, semoga bermanfaat dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
(Katusha Levanti - Pendidikan Ekonomi UPI 2012)

Sumber yang membuat saya sadar: (bisa di klik untuk liat beritanya, siapa tahu jadi ikutan sadar hehe)
Berita terkini tentang bajir di Bandung:

0 comments:

Post a Comment

Back to Top